Selasa, 21 Februari 2012

Tips Buat Pengguna Komputer



Tips Agar Betah Di Depan Komputer - Tidak sedikit dari sebagian kita menghabiskan waktunya didepan komputer setiap hari. Terkadang saking asyiknya kita berada didepan komputer apapun akan terabaikan termasuk juga yang menyangkut masalah kesehatan, meski agak sepele namun bisa beresiko tidak baik pada tubuh kita.
Nah agar kita betah didepan komputer berikut ada beberapa tips menarik supaya kita juga terhidar dari resiko radiasi komputer.

1. Ciptakan suana ruangan yang menyenangkan, tidak semrawut dan jaga selalu kebersihan.
2. Untuk menghindari dehidrasi akibat radiasi komputer, usahakan setiap 15 menit minum minimal 5 teguk atau lebih.
3. Alangkah baiknya menyediakan waktu 10-20 menit setiap 2-3 jam untuk mengistirahatkan mata agar tidak lelah.
4. Usahakan monitor jangan terlalu terang untuk mencegah matamu cepat lelah dan menghindari mata menjadi minus.
5. Duduk terlalu lama di depan komputer dapat menyebabkan penyakit ginjal dan hati. Setiap 30 menit sekali, usahakan bangun dari tempat dudukmu lalu jalan-jalan sebentar.
6. Jangan mematikan lampu ketika sedang menggunakan komputer.
7. Jangan tidur di dekat komputer yang masih menyala karena komputer masih mengeluarkan radiasi saat menyala.
Demikian sedikit tips agar betah di depan komputer jika ada yang ingin menambahkan silahkan di kolom komentar.

Tips Mengawasi Kegiatan Internet Anak
Luangkan waktu dengan anak saat belajar komputer dan internet
Meluangkan waktu lebih banyak bersama anak bisa dengan belajar bersama lebih dalam tentang komputer dan internet. Baik orangtua maupun anak harus tahu dan bisa mengoperasikan situs jejaring sosial, forum diskusi, keamanan transaksi belanja, cara chatting, cara mengetahui situs baik dan situs buruk, mencari dan memutar video di YouTube, dan cara mencari gambar dan video via Google.
Berikan pemahaman mengenai manfaat dan bahaya internet
Setelah mempelajari caranya, tambahkan pemahaman pada anak tentang manfaat dan bahaya internet. Orangtua harus memiliki pengetahuan lebih luas, dan mendiskusikannya dengan anak. Beritahu juga soal karakteristik predator online, dan berbagai kasus terungkapnya predator online di berbagai negara. I
ingatkan anak tentang konsep “orang asing”
Ingatkan pada anak agar tidak percaya begitu saja pada orang yang baru dikenalnya. Tekankan kepada anak agar tidak memberikan informasi personal, seperti email dan nomor telepon.

Kenalkan etiket bergaul dengan teman “online”
Memperluas pergaulan sah saja, apalagi anak-anak kini sudah semakin terbuka dengan teknologi internet. Namun perlu diajarkan kepada anak agar memperhatikan batasan pergaulannya. Jangan izinkan anak-anak bertemu langsung dengan teman baru yang dikenal via chat.
Hindari anak mengakses internet di kamar pribadi
Meski fasilitas di rumah lengkap, komputer dan ponsel sudah terkoneksi dengan internet, pastikan ada batasan. Jangan biarkan anak-anak mengakses internet di kamar pribadinya. Letakkan komputer di ruang keluarga atau di ruangan orangtua agar mudah dilihat dan dikontrol.

Kenalkan aktivitas kreatif lainnya dengan internet
Arahkan anak untuk melakukan aktivitas kreatif dan positif dengan media internet. Kenalkan juga tentang banyaknya kesempatan berprestasi atau mendapatkan hadiah dari kegiatan kreatif di internet, misalkan kompetisi menulis. Untuk itu kenalkan lebih dahulu kegiatan menulis di internet, misalnya dengan mengisi blog pribadi.
Gunakan software filter aktivitas internet
Jika menurut Anda semua cara tadi belum maksimal, gunakan software untuk memfilter kegiatan internet. Banyak software parental yang tersedia gratis maupun berbayar. Cari saja via mesin pencari di internet. Jika sudah begitu, anak Anda bisa bebas internetan, namun kontrol tetap di tangan Anda sebagai orangtua.
dikutip dari :kompas.com
Nah itulah beberapa tips  untuk orang tua dalam mengawasi kegiatan atau aktivitas berinternet untuk anak-anak. Semoga Bermanfaat

0 komentar: