Jumat, 24 Februari 2012

10 Film Drama Biography Terbaik

Disini akan saya akan bahas film drama biography terbaik yang pernah saya tonton...cekibrot

1. The King’s Speech ( 2010 )
Film the king's speech ini dibintangi oleh aktor Colin Firth (King George VI), artis cantik Helena Bonham Carter (Queen Elizabeth) dan aktor Geoffrey Rush (Lionel Logue). film ini diproduksi oleh See Saw Films dan Bedlam Productions


Prince Albert (Colin Firth) memang tak pernah berharap menjadi raja Inggris. Ia tahu benar keterbatasan yang ia miliki. Tak mungkin ia memimpin sebuah negara sebesar Inggris sementara berbicara di depan umum saja sudah jadi perjuangan berat buatnya. Celakanya takdir berkata lain dan Albert harus segera naik tahta.


Sepeninggal Raja George V (Michael Gambon), Prince Edward (Guy Pearce) yang seharusnya naik tahta namun karena Edward lebih memilih melepas tahta dan menikahi Wallis Simpson (Eve Best), tak ada pilihan lain buat Albert selain mengambil alih tampuk kekuasaan. Albert tahu kalau ini bukan urusan mudah, apalagi Perang Dunia II sudah di depan pintu. Ia harus mampu mengatasi kekurangannya.



Untungnya, Elizabeth (Helena Bonham Carter), tak pernah menyerah. Setelah mencoba beberapa dokter untuk menyembuhkan gagap yang diderita Albert, Elizabeth lantas mencoba metode yang lebih tak lazim. Ia meminta Lionel Logue (Geoffrey Rush), seorang terapis dengan metode aneh, untuk menyembuhkan suaminya.



Dengan tekad yang kuat dan bimbingan dari Lionel, Albert akhirnya berhasil sembuh. Dari seorang pria gagap, Albert menjadi seorang raja yang mampu berpidato dan membakar semangat seluruh warga Inggris untuk menghadapi Perang Dunia II.



2.Walk The Line
Walk the Line menceritakan kisah kehidupan legenda musik Johnny_Cash (Joaquin_Phoenix) dan  pacaran lamanya June_Carter (Reese_Witherspoon).Film ini berawal pada kisah masa kecilnya, yang berkaitan dengan insiden yang mengerikan dari hidupnya dan juga hubungan yang kurang harmonis antara dia dengan ayahnya (Robert_Patrick).Dia bergabung dengan militer dan meninggalkan rumahnya. 

Selama berada di angkatan bersenjata ia mulai menulis lagu dan kisah cinta seorang gadis kampung (Ginnifer_Goodwin). Setelahtugas di militernya selesai  dan mencoba untuk memulai karir musik, tapi istrinya memiliki kesulitan menyesuaikan diri dengan mimpi-mimpinya.Tapi akhirnya Cash mendapatkan ketenaran di seluruh dunia , tetapi akhirnya pernikahannya hancur dan ia memulai kecanduan obat yang serius. Film ini didasarkan pada otobiografi Cash. Phoenix dan Witherspoon yang mengisi soundtrack di dalam film ini.



3.Schindler’s List ( 1993 )
Film terbaik 1993 yang disutradarai oleh Steven Spielberg film ini memenangkan beberapa banyak penghargaan .Film ini merupakan salah satu Film terhebat sepanjang sejarah!.

Film ini mengangkat kisah seorang Warga Polandia yang juga seorang anggota Partai NAZI yang bernama OSKAR SCHINDLER dalam sebuah tragedi paling kelabu dalam gambaran kisah Orang Yahudi pada masa rezim Nazi. Film ini bercerita bagaimana Schindler menyelamatkan 1100 orang Yahudi. Schindler melakukan kegiatan fenomenal melawan system genocide etnis Yahudi pada masa PD II. Suatu hal yang aneh mengapa kegiatan ini dilakukan oleh seorang Womenizer; pemabuk; tukang foya-foya dan bukan dilakukan oleh orang baik-baik atau katakanlah rohaniawan.

Pada awalnya Oskar Schindler adalah seorang oportunis yang memanfaatkan perang untuk mengeruk keuntungan. Posisinya sebagai bisnisman adalah sebagai pemasok kebutuhan-kebutuhan tentara NAZI dalam masa perang itu. Bagaimana dia “make money” melalui jalur-jalur KKN dengan para NAZI officer dan tentara SS.
Dengan pemberlakuan hukum-hukum Nazi bahwa semua bisnis milik etnis Yahudi dibekukan; maka Oskar Schindler menggunakan kemampuannya dalam bernegosiasi dengan mantan pemilik pabrik Yahudi, kemudian mendapatkan izin usaha dari Rezim Nazi dengan cara pat-gulipat dan sejenisnya. Maka dengan mudahnya Schindler memulai bisnisnya di masa perang itu. Pabrik-pabrik yang semula milik etnis Yahudi dalam sekejab menjadi milik Schindler; Pada awalnya Schindler sangat diuntungkan dengan sistem ini, namun suara hatinya lebih kuat maka jadilah pabriknya itu sebagai tempat perlindungan bagi etnis Yahudi. Jadi bukan lagi “profit motive”, malah Schindler bangkrut gara-gara ini.

Film ini menyodorkan sederetan aktor-aktor bagus seperti Ben Kingsley yang memerankan tokoh Itzhak Stern dengan sangat baik, sebagai seorang accountant dan motor dari pabrik pemasok logistic perang hasil akal-akalan Schindler ini. Seperti umumnya manusia Itzhak Stern mendahulukan orang-orang yang dia kenal dulu masuk dalam “Bahtera Nuh” ini. Dan Ralph Fiennes salah satu actor kesukaan saya ini memerankan sebagai Amon Goeth seorang Nazi Commandant yang dingin dan bengis yang akhir hidupnya di gantung dihadapan massa setelah disidang dalam kejahatan perang pada 13 September1945. Ralph Fiennes bisa berubah watak menjadi sangat dingin, berbeda dengan penampilannya di The English Patient yang melankolis itu. Sebelumnya peran dari Oskar Schindler ini diberikan kepada Harrison Ford, tetapi memang Liam Neeson adalah pilihan yang lebih tepat yang mungkin lebih mampu berbicara dengan gaya "polish" ini.



4. Motorcycle Diaries ( 2004 )
The Motorcycle Diaries diambil dari buku harian seorang legendaris Ernesto “Che” Guevara : Seorang pahlawan revolusi dan ikon perlawanan. Film ini berkisah tentang petualangan Ernesto “Che” Guevara bersama karibnya Alberto Granado mengendarai sepeda motor dari Buenos Aires untuk melintasi daratan Amerika Latin pada 1952. Ernesto Guevara yang akrab di panggil “Che“ Guevara adalah mahasiswa umur 23 tahun penyuka olahraga rugby dan Granado seorang biochemist muda.

Dalam perjalanan bersepeda motor itu, kedua anak muda tadi memotret berbagai realitas sosial di Amerika Latin. Perjalanan ini jauh sebelum Guevara menjadi seorang legenda. Seorang mahasiswa kedokteran dari Argentina, bersemangat untuk memuaskan nafsu berkelana dari jiwanya dan melihat sesuatu di dunia. Dia dan seorang temannya, Alberto menggunakan sebuah sepeda motor tua Norton 500, yang dijuluki “The Mighty One”, berangkat untuk menjelajahi Amerika Selatan demi sebuah petualangan.

Dalam petualangan itu, “Che“ Guevara menyaksikan kondisi riil penduduk di belahan Selatan Amerika, Argentina, Chili, Peru, dan lain sebagainya. Masyarakat di tanah nan kaya dengan sumberdaya alam itu berada pada posisi yang menyedihkan. Miskin, terbelakang, tersingkir, diwabahi penyakit, serta sederet kesusahan lainnya. Sementara, Industri skala besar telah menjauhkan mereka dari kekayaan alam yang selama ini menghidupi mereka.
Film ini menjadi kesaksian sang pemuda petualang terhadap hal-hal baru yang ia temui di sepanjang perjalanan. Fenomena-fenomena baru yang justru menyulut sumbu kesadaran kritisnya bahwa ada yang tidak beres pada bangsa-bangsa di Selatan Benua Amerika ini. 

Kejadian-kejadian sepanjang perjalanan inilah yang kemudian mengubah pola pikir dan cara pandangnya terhadap kehidupan.
Pejuang tidak dilahirkan. Melainkan tumbuh dari sebuah proses yang panjang. Kepejuangan juga bukan hasil dari pendidikan di bangku sekolah. Ia adalah pilihan sikap, sebagai buah dari pergulatan pemikiran atas segala yang terlihat, tertemui, terdengar, tersaksikan, terasa, entah di sepanjang episode hidup seseorang, entah dalam satu penggalan usia.


5. The Iron Lady ( 2012 )
Sosok Margaret Thatcher ditampilkan secara apik oleh Meryl Streep dalam 'The Iron Lady'. Selain mengisahkan sosok mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, film biopik yang disutradarai oleh Phyllida Lloyd itu juga menampilkan kehidupan pribadi Margaret bersama mendiang suami, Denis Thatcher.Meski usianya telah senja, sosok yang dijuluki perempuan bertangan besi itu tetap saja terlihat keras kepala. Kemandiriannya juga terlihat saat dia ingin mengerjakan segala sesuatu tanpa bantuan siapapun, bahkan dari anaknya, Carol, sekalipun.

Dibalik sifat kerasnya, Margaret tetap saja wanita biasa, kadang dia terlihat rapuh dan kesepian. Ditemani ilusi mendiang suaminya, kisah masa kejayaannya pun diputar ulang.Sifat ambisius Margaret mulai terlihat sejak dia masih muda hingga akhirnya dia memutuskan menerima pinangan Denis Thatcher. Dari awal, Margaret sudah berkomitmen bahwa dirinya tak mau menjadi istri yang hanya bisa mencuci piring di dapur. Mereka pun menikah pada tahun 1951.

Film berdurasi 105 menit ini menampilkan alur maju-mundur. Meski didahului oleh kekalahan, dia akhirnya sukses menjadi anggota Parlemen Inggris di tahun 1959.Dia juga menjabat Menteri Pendidikan Inggris dan menjadi Ketua Partai Konservatif tahun 1975. Istri Denis Thatcher itu kemudian memenangkan pemilu dan dinobatkan menjadi perdana menteri wanita di tahun 1979. Awalnya tak ada yang menyangka bahwa Margaret bisa bertahan sedemikian lama di pemerintahan.

Sosok Margaret yang ambisius juga berpengaruh dalam keluarganya. Dia tak punya banyak waktu luang untuk meladeni anak-anaknya. Lihat saja bagaimana Margaret menolak mereka dan memilih untuk tetap pergi demi kepentingan negara. Pribadinya yang keras juga terlihat saat dia secara terang-terangan memarahi Geoffrey Howe dan mempermalukannya dalam sebuah rapat.

Beberapa adegan menggambarkan ketika kericuhan di kepemimpinan Margaret terjadi hingga akhirnya dia 'dipaksa mundur' dari kabinetnya.Kekuatan akting Meryl Streep memang tak perlu diragukan lagi. Dalam film yang ditulis oleh Abi Morgan itu, Streep nyaris tampil sempurna. Tata rias yang disandangnya juga patut diacungi jempol, mulai dari bentuk gigi yang diubah hingga riasan di leher ketika Margaret Thatcher tua.
Lewat aktingnya di film 'The Iron Lady', Streep pun sukses meraih penghargaan Aktris Terbaik dalam Golden Globe 2012.  Ia juga bahkan dinominasikan dalam ajang Academy Awards 2012.





6. The Blind Side (2009)
The Blind Side merupakan sebuah film yang sangat luar biasa yang menggambarkan suatu perwujudan kasih sejati. Bahkan sangking bagusnya film the blind side ini, saat menulis resensi inipun Andri menonton film tersebut.Film ini nggak cuma ditopang oleh performance dari Sandra Bullock tetapi dengan kekuatan ceritanya mampu menarik hati para penonton.

Film yang dibintangi aktris Sandra Bullock dan penyanyi Tim McGraw, menggambarkan kronikel yang membangkitkan semangat, kisah nyata dari seorang gelandangan Michael Oher dalam perjuangannya yang menyakitkan untuk menjadi orang kaya di Baltimore Raven.
Film ini (diangkat dari buku berjudul sama karangan Michael Lewis) menggambarkan kisah nyata yang luar bisa dari Michael Oher, seorang anak keturunan African-American yang tuna wisma dan sebelumnya berasal dari keluarga broken home. Anak ini diadopsi oleh keluarga Touhys, pasangan keluarga yang kaya yang ingin membantu anak ini mencapai potensi hidupnya.

Di saat yang sama kehadiran Oher membuat keluarga ini menjadi penasaran untuk mencari asal usulnya. Hidup dalam lingkungan yang baru membuat anak remaja ini juga menghadapi sederetan tantangan yang harus ditaklukan. Sebagai seorang pemain football dan pelajar dia bekerja keras dan dengan bantuan pelatih dan keluarga yang mengadopsinya terutama dari Ibu angkatnya yang penuh kasihdan selalu mendorongnya untuk maju, akhirnya dia menjadi seorang pemain NFL untuk the Baltimore Ravens.

Sandra Bullock yang berperan sebagai Leigh Anne Tuohy mengomentari bahwa perjumpaannya dengan Mrs. Tuohy menunjukkan bahwa masih ada orang Kristen yang benar-benar menjalani imannya. Bullock mengatakan bahwa dia berterima kasih kepada Mrs. Tuohy yang adalah anggota Grace Evangelical Church di Memphis.Mengenal Mrs. Tuohy ini kata sang aktris, menunjukan bahwa iman itu benar-benar otentik. “Dia begitu terbuka, jujur dan berpandangan ke depan”. Saya merasa pada akhirnya saya bertemu seserang yang mempraktekkan kekristenan itu tapi tidak dengan berkhotbah. ”
Ada komentar menarik dari pengamat film the blind side yang mengatakan bahwa ketika anda menonton film ini anda tidak hanya akan menemukan Mike tapi anda juga akan menemukan keluarga Tuohy yang penuh iman dan ketulusan.


7. Les Miserables (1998)
Film "Les Miserables" karya sutradara Bille August pada tahun 1998 yang dibintangi sederet bintang terkenal Hollywood seperti Liam Neeson, Uma Thurman dan Geoffrey Rush. Alkisah Jean Valjean (Liam Neeson) diampuni setelah menjalani hukuman penjara selama 19 tahun akibat pencurian sepotong roti. Setelah bebas dari penjara, Jean ditampung oleh seorang uskup baik hati. Begitu baiknya sang uskup karena ia memaafkan Jean yang membalas kebaikannya dengan mencuri peralatan makan perak milik uskup tersebut.

Ketika Jean tertangkap, uskup malah mengaku ia memberi peralatan perak tersebut kepada Jean. Terharu atas kebaikan uskup sehingga Jean pun bertekad merubah jalan hidupnya. Dengan bekal hasil penjualan makan perak, Jean pun pergi ke daerah pedalaman dan mendapatkan pekerjaan di sebuah pabrik. Setelah bekerja beberapa tahun, ia pun menggunakan tabungannya untuk membeli pabrik tersebut. Sejak itu Jean pun menjadi pengusaha terhormat dan bahkan menjadi walikota di sebuah kota kecil.

Ketika Jean pergi untuk sebuah urusan dan tidak menyadari bahwa pabrik miliknya memecat seorang buruh wanita bernama Fantine (Uma Thurman) karena ketahuan punya putri di luar nikah, Cosette (Claire Danes). Fantine terpaksa menjadi pelacur untuk membiayai hidup putrinya. Namun Fantine malah mengalami nasib malang karena dianiaya dan jatuh sakit parah. Ketika akhirnya Jean mengetahui nasib malang Fantine, semuanya telah terlambat. Sebelum Fantine meninggal, Jean berjanji merawat Cosette.

Sayangnya seorang inspektur polisi bernama Javert (Geoffrey Rush) yang mengenali Jean dari masa lalunya, hendak membongkar identitas sebenarnya Jean. Javert tidak peduli bahwa Jean telah berubah menjadi pria baik-baik. Terpaksa Jean dan putri angkatnya, Cosette kabur ke Paris dimana mereka tinggal di sebuah gereja selama 10 tahun berikutnya. Kini Cosette yang telah menjadi gadis dewasa jatuh cinta kepada seorang revolusioner bernama Marius (Hans Matheson). Gara-gara Marius dicari-cari polisi, maka jejak Jean pun tercium Javert yang tidak mau melepaskannya.Apa yang akan terjadi pada diri Jean dan juga Cosette setelah Javert berhasil menemukannya? 



8. J.Edgar ( 2011)
Bicara soal kejahatan, nama FBI (Federal Bureau of Investigation) jelas tak akan pernah dilupakan. Rasanya tak ada orang yang tak pernah mendengar kata FBI meskipun tak banyak orang yang tahu siapa yang mendirikan biro ini. Memang tak banyak yang tahu nama J. Edgar Hoover (Leonardo DiCaprio), pria yang mengabdikan separuh lebih dari hidupnya untuk FBI.

Di usianya yang masih cukup muda, J. Edgar Hoover sudah menjadi kepala Bureau of Investigation, biro yang menjadi cikal bakal FBI. 50 tahun lamanya J. Edgar menjadi kepala FBI dan tak pernah sedetik pun pria kelahiran Washington D.C ini berhenti melindungi negara dan bangsanya dari ancaman apa pun. Amerika Serikat sempat berganti presiden sebanyak 8 kali namun J. Edgar tak pernah tergantikan.

Kerahasiaan sudah jadi bagian hidup dari J. Edgar, bahkan sampai kehidupan pribadinya pun tak banyak orang yang tahu. Clyde Tolson (Armie Hammer) dan Helen Gandy (Naomi Watts adalah dua orang yang paling dekat dengan J. Edgar, selebihnya hanyalah orang yang cuma bisa melihat kulit J. Edgar. Kerahasiaan ini pula yang membawa J. Edgar menjadi orang paling kuat sepanjang sejarah Amerika Serikat.



9. Million Dolar Baby
Film drama tinju ini mengisahkan tentang seorang pelatih tinju yang bernama Frankie Dunn (Clint Eastwood) dengan seorang petinju asuhannya yang ternyata seorang wanita. Setelah terpisah secara menyakitkan dari putrinya, Frankie tidak ingin dekat dengan siapapun dalam waktu lama. Tetapi semuanya berubah ketika pada suatu hari Maggie Fitzgerald (Hilary Swank) datang ke sasana tinjunya. Frankie menolak keinginan Maggie untuk menjadi petinju wanita.


Maggie yang berasal dari sebuah desa di Missouri Selatan, telah menjadi pelayan restoran sejak usia 13 tahun. Ia telah bosan dengan kemiskinan dan melihat tinju adalah jalan untuk meninggalkan hidupnya yang muram. Frankie menolak Maggie karena tidak ingin bertanggungjawab atas hidup orang lain apalagi seorang wanita. Tetapi asisten Frankie di sasana tinju tersebut, Scrap (Morgan Freeman) justru berpikir lain. Scrap, mantan petinju yang dulu dilatih Frankie, merasa Maggie harus mendapat kesempatan.


Berkat bujukan Scrap yang tidak mau menyerah, akhirnya Frankie setuju melatih Maggie karena wanita muda itu memang punya talenta dan kekuatan besar namun masih mentah dan belum fokus. Hari demi hari, Frankie dan Maggie ternyata menemukan bahwa mereka punya banyak kesamaan. Bahkan Frankie mulai melihat Maggie tidak hanya sekadar petinju asuhannya melainkan juga seperti putrinya sendiri. Namun mereka akan menghadapi perjuangan berat yang akan menuntut kesungguhan hati dan keberanian yang lebih besar dari mereka ketahui.


Jangan mengaku penggemar film Hollywood jika tidak mengenal sosok Clint Eastwood. Aktor inilah yang menjadikan nama Dirty Harry sebagai sinomim dengan polisi yang ingin menegakkan keadilan walau harus menabrak peraturan termasuk melakukan kekerasan. Film-film yang menokohkan detektif polisi keras Dirty Harry (Clint Eastwood) sangat populer dalam beberapa dekade. Pada mulanya ia selalu bermain dalam film laga, tetapi pada masa berikutnya ia mulai menunjukkan kemampuan bermain drama bahkan menjadi sutradara yang disegani, baik dalam film drama atau laga.


Sementara itu, Hilary Swank yang memerankan Maggie, mungkin akan diingat Anda sebagai perempuan malang yang ingin menjadi pria dalam "Boys Don't Cry" (1999). Aktingnya yang memukau mengganjarnya dengan Oscar sebagai aktris terbaik. Film-film lainnya yang patut dilihat antara lain "Insomnia" dan "The Core". Kini kita akan lihat apakah Hilary akan mampu meraih kembali Oscar pada tahun ini sebagai aktris terbaik dari film "Million Dollar Baby", mendampingi Clint yang juga mendapat nominasi sebagai sutradara dan aktor terbaik serta Morgan Freeman yang meraih nominasi sebagai aktor pendukung terbaik.
Jika melihat bahwa secara keseluruhan film "Million Dollar Baby" mendapat 7 nominasi Oscar pada tahun 2005, tentunya Anda sebagai penikmat film sejati tidak akan melewatkannya begitu saja.





10. The Last Emperor (1987)
Kisah nyata Aisin-Gioro Pu Yi, penguasa terakhir dari Dinasti Ching Cina. Diceritakan dalam kilas balik, film ini meliputi tahun 1908 sampai 1967. Kisa pertama Diceritakan tiga tahun Pu Yi yang dilahirkan di Kota Terlarang yang kejam,serta sekarat janda Permaisuri Tzu-Hsui (Lisa Lu). Meskipun ia lebih memilih untuk hidup layaknya seperti anak yang lain, tetapi dibujuk untuk menerima tanggung jawab dan hak istimewa darikerajaan . Pada tahun 1912, kaisar muda (Tijer Tsou) dipaksa turun tahta ketika Cina dinyatakan republik, ia menjadi tawanan di dalam istana sendiri, "dilindungi" dari dunia luar. 

Terpesona oleh keduniawian nya guru Skotlandia (Peter O'Toole), Pu Yi menjadi seorang remaja dan menikah . Dia memilih gadis Manchu keturunan Wan Jung (Joan Chen), yang juga sangat ingin mengalami abad ke-20 bukan dikunci ke masa lalu dengan tradisi. Setelah dewasa dimainkan  oleh John Lone, Pu Yi menerapkan reformasi sosial beberapa contohnya ialah, dan juga membersihkan istana dari para kasim yang korup yang telah melindunginya dari kehidupan. Pada tahun 1924, seorang panglima perang menyerang mengusir penghuni Kota Terlarang, yang memungkinkan Pu Yi untuk "membaratkan" dirinya sendiri dengan merangkul musik populer dan tarian  untuk  tamunya dari konsesi Jepang di Tientsin. Enam tahun kemudian Pu Yi lolos ke Manchuria, dimana ia tanpa sadar menjadi pion politik pemerintah sekarang-militan Jepang. Film ini berhasil mendapatkan piala Oscar.

0 komentar: