Senin, 27 Februari 2012

Manny "Pacman" Pacquiao















Penggemar tinju mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama diatas,Ya dialah jawara tinju dengan julukan PacMan nama itu diambil dari permainan sebuah video game yang karakternya siap memakan siapa saja .Majalah Ring menobatkan dia sebagai petinju pound of pound terbaik seantero jagat pada saat ini.

Emmanuel Dapidran Pacquiao alias Manny Pacquiao (lahir di Kibawei, Filipina, 17 Desember 1978; umur 32 tahun) adalah juara dunia tinju profesional asal Filipina.Pacquiao adalah petinju dari benua Asia pertama yang berhasil meraih gelar juara tinju profesional di enam kelas berbeda, atau petinju kedua di dunia setelah Oscar de la Hoya.

Kelebihan pacquiao adalah kecepatan dan pukulan yang keras,serta gaya kidalnya membuat lawan sulit mebak arah pukulannya. Hal yang menarik adalah walaupun dia ini bertinju dengan gaya kidal serta memiliki pukulan kiri mematikan tapi dalam kesehariannya dia sebenarnya bukan orang kidal. Manny Pacquaio adalah seorang right-handed dalam kesehariannya.

Sejumlah nama besar berhasil dikalahkan Pacman.Antara lain Erik Morales,Marco Antonio Barerra,Oscar de la Hoya dan yang terakhir Miguel Cotto. Petinju Filipina ini adalah petinju pertama yang berhasil merebut tujuh gelar di tujuh kelas yang berbeda (lima gelar juara dunia dari lima kelas berbeda dan dua gelar dari Ring Magazine untuk kelas bulu dan welter junior).

Pertandingan terakhir Manny Pacquiao
1.       14 November 2009 Miguel Cotto ( Welter WBO,MTKO ronde 12 )
2.      2 Mei 2009 vs Ricky Hatton ( Welter Ringan IBO,MKO ronde 2 )
3.      6 Desember 2008 vs Oscar de la Hoya ( non Titel,MTKO ronde 8 )
4.      28 Juni 2008 vs David Diaz ( Ringan WBC,KO ronde 9 )

Gelar Yang Pernah di raih:
WBC kelas terbang
IBF kelas bantam super
The Ring kelas bulu
WBC kelas bulu super
WBC kelas ringan
The Ring kelas welter junior
IBO kelas welter ringan
WBO kelas welter

Pacquiao akan berhadapan melawan Timothy Bradley pada 9 Juni 2012 dalam rangka perebutan gelar juara kelas welter WBO. Menurut Pacquiao, bisa jadi pertarungan di Las Vegas itu adalah yang terakhir. Tapi Pacquiao tak ingin mengakhiri karirnya setelah menghadapi Bradley.Dengan kata lain, Petinju berjuluk Pacman itu bisa jadi masih akan bertarung dengan seorang petinju lagi sebelum akhirnya benar-benar pensiun.

0 komentar: